Kini Tak Perlu Risau Jika Sakit dan Sendirian di Rumah…

WhatsApp Image 2018-02-02 at 10.56.08 AM

Pernah tidak Anda mengalami saat-saat tertentu, yaitu ketika tak berdaya melakukan apa-apa dan sangat berharap memperoleh pertolongan sesegera mungkin? Misalnya, sakit, tapi di rumah hanya sendirian. Untuk berangkat ke rumah sakit rasanya kok sudah tidak sanggup. Mikirin perjalanan dan proses antrean yang harus dilewati, Anda mending angkat tangan. Atau, ada kondisi-kondisi khusus yang tidak memungkinkan Anda untuk bergerak ke mana-mana dan hanya berharap kebaikan orang lain yang datang menawarkan bantuan.

Hmm, kalau sudah begini, rasa sesal pasti datang. Menyesal karena tidak menjaga kesehatan dengan baik. Atau bisa jadi marah dan kesal karena harus menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Ya, semua orang juga pasti pengen hidupnya baik-baik saja. Kalau sakit, inginnya tidak usah sampai panggil dokter segala. Selain harus menyediakan waktu dan tenaga untuk ke rumah sakit, biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Jadi, sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan, ya. Sebelum sakit, sediakan waktu untuk berolah raga dengan rutin. Sebelum sakit, lakukanlah gaya hidup sehat. Sebelum sakit, kontrol pola makan. Sebenarnya aturan-aturannya sudah jelas. Sayangnya, banyak yang melanggar. Akibatnya, penyakit pun datang.

Nah, kalau sudah didera penyakit, tak ada jalan lain selain mengobati. Bahkan, sebelum penyakit benar-benar parah, ada gejala yang bisa diamati. Kesalahan kita adalah sering mengabaikan gejala tersebut. Pertama, karena terlalu sibuk dengan urusan sehari-hari. Kedua, karena memang cenderung menyepelekan. Ketiga, karena takut dengan hasil diagnosisnya.

Kalau sudah diperingatkan, tetapi tidak digubris, tak heran jika tiba-tiba kita bisa jatuh sakit. Sudah begitu, situasinya tidak pernah diprediksi. Pas lagi sendirian dan tidak ada yang bisa menolong, tiba-tiba kok badan langsung tumbang. Terus harus bagaimana, dong?

Beruntungnya kita yang hidup di zaman modern ini. Boleh dibilang, kita menikmati banyak kemudahan berkat kemajuan teknologi. Dengan mengandalkan smartphone dan jejaring internet, dunia rasanya ada di dalam genggaman. Nah, di bidang kesehatan, para praktisi juga tak mau kalah dalam melayani orang-orang yang membutuhkan dengan menyediakan berbagai aplikasi pendukung. Salah satunya, Medi-Call.

WhatsApp Image 2018-02-02 at 10.56.08 AM (2)
Menjelang launching aplikasi Medi-Call di Hi-Lab, Yogyakarta.

Mengenal Medi-Call

Apa itu Medi-Call? Medi-Call adalah sebuah platform online yang menyediakan jasa panggil dokter dan perawat ke rumah. Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store dan App Store tersedia secara gratis bagi siapa pun. Medi-Call sudah bisa digunakan di Jakarta sejak 18 Februari 2017 lalu. Kemudian, pada 2018 melakukan ekspansi ke berbagai kota di Indonesia, seperti Surabaya dan Yogyakarta. Rencananya, layanan ini juga akan tersedia di Bandung, Semarang, Malang, Medan, Makassar, dan Manado.

Lalu, apa saja layanan yang disediakan Medi-Call bagi penggunanya?

1. Emergency Call; Ini adalah panggilan darurat yang akan menghubungkan pengguna dengan ambulans dari RS terdekat.

2. Doctor-Visit; Anda bisa memanggil dokter ke rumah. Caranya adalah dengan melakukan request melalui fitur yang tersedia.

3. Nurse; Anda bisa memanggil perawat untuk melakukan perawatan ke rumah.

4. Midwifery; Anda bisa memanggil bidan untuk merawat ibu dan bayi.

5. IV Therapy; Ada layanan IV yang dilakukan oleh dokter.

6. Lab; Anda bisa meminta petugas LAB datang ke rumah untuk melakukan pemeriksaan penunjang.

7. Pharmacy; Anda bisa meminta obat diantarkan ke rumah.

8. Rent; Anda bisa menyewa alat kesehatan dan alat ini akan diantarkan langsung ke rumah.

9. Vitamin; Anda bisa meminta layanan injeksi vitamin di rumah.

10. Vaccine: Anda bisa meminta dokter untuk datang dan melakukan vaksin di rumah.

Jelas sekali, aktivitas yang lazimnya hanya bisa dilakukan di RS kini bisa dilakukan di rumah. Anda hanya perlu menunggu–setelah melakukan pemesanan.

Tapi, bagaimana ya cara menggunakan aplikasi Medi-Call ini?

Gampang, kok. Pertama, pilih layanan yang diinginkan di aplikasi Medi-Call. Kedua, Medi-Call akan menampilkan layanan yang paling dekat dengan lokasi Anda. Harga estimasi yang dibutuhkan juga sudah tersedia. Ketiga, setelah pesanan Anda diterima, dokter akan datang dan melakukan penanganan yang sesuai dengan keluhan. Keempat, pengguna melakukan pembayaran. Kelima, pengguna memberikan rating kepada dokter yang menangani keluhan tersebut.

Ada banyak keluhan yang bisa ditangani dengan layanan Medi-Call, misalnya injection, trauma, alergi, hematology, geriatri, infeksi, respiratory, dan sebagainya.

Saat ini, Medi-Call memiliki pengguna aktif sebanyak 2.500 orang per bulan. Sementara itu, jumlah partner yang bekerja sama dengan Medi-Call juga sudah cukup banyak, di antaranya 256 dokter, 115 perawat, 270 farmasi, 15 klinik, dan 6 laboratorium.

Pada acara launching Medi-Call di Yogyakarta akhir Januari lalu, pendaftaran menjadi partner kembali dibuka lebar. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di sini dengan mudah. Hanya saja, calon pendaftar harus memenuhi syarat tertentu. Untuk dokter umum misalnya, ia harus memiliki STR dan SIP aktif pada wilayah operasional Medi-Call. Ia juga harus berpengalaman melakukan home visit selama 2 tahun. Syarat lainnya harus memiliki smartphone. Syarat bagi pelamar berprofesi perawat pun tidak jauh berbeda.

Nah, dengan kehadiran Medi-Call, segala kekhawatiran tentang sakit-penyakit bisa sedikit dikurangi. Meskipun menjadi sakit itu tidak mengenakkan, tetapi dengan pertolongan dan pengobatan yang tepat, ada harapan untuk sembuh dan kembali menjalankan aktivitas dengan baik seperti semula.

Siapa pun Anda, baik muda dan tua, aplikasi ini pasti akan sangat bermanfaat. Termasuk anak kos yang jauh dari keluarga, misalnya. Lansia yang tidak bisa ke mana-mana. Atau, ibu rumah tangga yang harus mengurus anak-anak dan mengalami masalah kesehatan. Panggil saja dokter dan perawat homecare ke rumah melalui aplikasi Medi-Call, yang kini tersedia di Jakarta Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya (Layanan ini tersedia 24 jam, baik dokter umum dan perawat homecare Medi-Call).

Di atas semuanya itu, semoga kita semua diberikan kesehatan, yaaa.

Iklan

One thought on “Kini Tak Perlu Risau Jika Sakit dan Sendirian di Rumah…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s