Tips Efektif Mengatasi Rasa Bosan

Pernah merasa bosan? Saya sering. Apalagi jika melakukan pekerjaan yang sama terus-menerus. Meskipun–menurut saya–kebosanan itu datang kalau kondisinya udah “keterlaluan”.

Intinya, saya bukan orang yang mudah bosenan. Sampe bener-bener nggak kuat, baru nyerah. Itu juga biasanya masih disertai dengan keraguan-keraguan, seperti, “Ah, saya terlalu cepat menyerah….”

Nah, tapi ada juga yang cepet merasa bosan. Saya punya temen yang kayak gitu. Dan kadang-kadang, saya heran (sekaligus bingung) bagaimana cara supaya bisa membuatnya nggak cepat merasa bosan.

Kalau saya sih, ada beberapa tips yang biasanya akan saya lakukan untuk mengatasi rasa bosan. Ini dia:

Ganti Aktivitas

Yap, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bebas dari rasa bosan adalah mengganti aktivitas (yang membuatmu bosan). Misalnya, kamu sedang tidur-tiduran sambil melamun. Eh, lama-kelamaan kok bosen juga. Ya, udah. Bangun dong. Beresin tempat tidur dan lakukan aktivitas lain. Jogging, misalnya?

Lakukan Aktivitas Ringan

Kebosanan biasanya menyerbu saat kamu melakukan aktivitas serius dan butuh perhatian. Karena itu, ubahlah jenis aktivitasmu. Lakukan beberapa aktivitas ringan (dan menyenangkan) yang kamu sukai. Misalnya, sekadar berjalan-jalan di taman sambil menikmati suara burung berkicau.

Ngumpul Sama Teman

Bosan karena sendirian? Ngumpul aja sama teman. Ajaklah mereka untuk hang out ke kafe yang baru buka atau melakukan kegiatan seru bersama. Dijamin deh, rasa bosanmu pasti akan langsung menjauh.

Lakukan Kegiatan Amal

Eits, jangan anggap kalau kegiatan amal itu sesuatu yang rumit dan butuh persiapan. Bisa kok kamu melakukan sesuatu yang sederhana–dan tentunya bermanfaat–untuk orang-orang yang membutuhkan. Misalnya, berkunjung ke panti asuhan, Di sana, kamu akan bisa melihat perspektif yang baru.

Travelling

Ini adalah cara yang cukup efektif untuk mengatasi rasa bosan. Lakukanlah travelling, baik solo maupun bersama-sama ke tempat-tempat yang menyenangkan. Kamu bisa pilih suasana alam yang memesona dan menantang atau ke tempat-tempat bersejarah. Intinya adalah menyegarkan pikiran dengan melihat pandangan yang berbeda.

Tidur

Apabila semua hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, masih ada satu cara lagi yang dapat mengusir rasa bosanmu, yaitu tidur (atau beristirahat). Rasa bosan disebabkan karena kamu tidak lagi fokus pada sesuatu yang sedang dikerjakan. Daripada tidak produktif, lebih baik kamu menginvestasikan waktu untuk beristirahat sehingga pikiran bisa segar kembali.

Nah, bagaimana dengan kamu, apa cara favoritmu untuk mengatasi rasa bosan?

Iklan