Jadi Bisa Mandiri Berkat The Power of “Jempol”

Suatu hari, koneksi internet di kantor saya putus. Sontak semua orang  langsung menggerutu. Bagaimana tidak, aktivitas kerja rutin jadi terganggu. Surel nggak bisa dibuka. Obrolan dengan klien via video call tertunda. Mau update berita apalagi, jangan harap deh!

Untungnya sekarang ada alternatif lain, yaitu menggunakan gadget milik sendiri. Terutama ketika koneksi internet di kantor nggak bisa diandalkan, gadget layak dinobatkan sebagai penyelamat sementara. Dengan berbagai fitur luar biasanya, kehadiran benda ini sangat bermanfaat.

Apa yang saya alami sebenarnya bukan hal yang aneh. Menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang dikutip dari Kompas.com, pengguna internet di Indonesia pada 2016 lalu mencapai 132,7 juta orang. Setengah di antaranya mengakses internet melalui komputer dan perangkat genggam dan hanya lebih dari 2 persen yang mengakses internet melalui komputer.

Gadget memang bisa dibilang telah menjadi primadona, bukan hanya di kalangan pekerja masa kini, tetapi juga masyarakat biasa. Gadget adalah teman ketika bersantai, pun ketika melakukan tugas.

Saya merasakannya sendiri. Kala itu, saya sedang dalam masa cuti melahirkan. Selama tiga bulan penuh, saya bersama si kecil menghabiskan waktu di rumah. Kami jarang sekali ke luar rumah. Mau ke luar pun bingung hendak ke mana karena rumah saya cukup jauh dari keramaian.

Hiburan satu-satunya bagi saya ketika si kecil sudah lelap adalah berselancar di dunia maya. Melalui itu, saya juga sempat memperoleh beberapa job menulis freelance. Tentu saja, brief-nya harus diakses secara online.

Apesnya ketika paket data kebetulan mau habis. Pulsa juga mepet gila. Padahal saya diwajibkan online secepatnya untuk koordinasi penting. Mau minta tolong suami untuk membelikan paket data rasanya nggak tega karena sebelum berangkat ia cerita sedang pusing nyiapin laporan bulanan.

Ya, sudah. Mau nggak mau saya harus ikhlas menerima “semprotan” nggak sedap dari sang Project Manager. Ini salah saya sendiri karena tidak mampu menjaga komitmen.

Lantas saya pun mendengar kabar melegakan ini. Traveloka ternyata menyediakan fasilitas menjual pulsa dan paket data dengan cara yang cepat dan mudah, semudah membeli di gerai-gerai pinggir jalan.

Berikut saya akan membagikan pengalaman mencoba membeli pulsa atau paket data di Traveloka.

1. Install Aplikasinya

Caranya gampang, kok. Cari saja di Playstore dan langsung install. Mau lewat website saja juga dipersilakan, lo.

2. Pilih Top Up & Data Packages

Ada banyak banget fitur yang tersedia di sini. Oke, langsung pilih saja Top Up & Data Packages ya.

3. Masukkan Nomor dan Pilih Nominal

Perlu diketahui, pulsa dan paket data yang tersedia di aplikasi ini lengkap banget. Jadi, tak perlu khawatir, guys. Nominal yang tersedia pun bermacam-macam.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah form order dilengkapi, pilihlah metode pembayaran yang diinginkan. Kita bisa menggunakan Credit Card, ATM, BCA Klikpay, Mandiri Debit, Indomaret, dan Alfamart. Praktis banget kan? Kita hanya perlu memilih salah satu metode pembayaran yang paling memungkinkan.

***

Keputusan-keputusan yang tepat akan membuat hidup kita menjadi lebih berkualitas. Saya sangat memercayai konsep sederhana itu. Beberapa kali, saya “diselamatkan” dalam sebuah situasi karena sebelumnya telah mengambil keputusan yang tepat.

Contohnya beberapa waktu lalu. Kebetulan, saya ada tugas ke luar kota. Setelah selesai, saya pun berkemas pulang. Ketika sedang dalam perjalanan menuju bandara, saya baru ingat kalau ada barang penting yang tertinggal di kamar hotel. Wah, saya langsung bingung banget. Mau balik ke hotel jelas tidak memungkinkan karena nggak sempat. Lalu, saya ingat kalau di sana masih ada teman yang baru akan pulang sore hari. Saya WA, tapi nggak digubris. Mau nelpon, aduh pulsa habis.

Di saat galau begitu, saya ingat aplikasi Traveloka yang beberapa hari sebelumnya saya install. Segera saja saya pencet dan voila! pulsa pun langsung masuk. Segera saya telpon teman yang masih di hotel dan memintanya mengecek ulang kamar yang saya tempati. Benar saja, ia pun segera mengamankan barang itu. Ah, leganya.

***

Sejak saat itu, tak terhitung berapa banyak pengalaman serta keuntungan yang saya nikmati berkat aplikasi ini. Saya jadi bisa mandiri sekaligus berprestasi karena mendapat bala bantuan yang diperlukan pada saat yang tepat.

Bagi saya, sangat penting untuk tidak merepotkan orang lain dengan hal-hal yang bisa dilakukan sendiri, termasuk untuk urusan membeli pulsa. Bener, kan?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s