[Inspirasi Jumat] Sekolah Kehidupan

Minggu ini kami belajar tentang “Sekolah Kehidupan”.

Apakah itu?

Di sekolah, biasanya yang kita lakukan adalah belajar. Kita juga mempunyai tujuan yaitu lulus dengan nilai yang baik. Jika tidak belajar sungguh-sungguh, bisa jadi kita akan tinggal kelas atau nilainya anjlok. Sebaliknya, jika belajar dengan benar, perjalanan kita mencapai tujuan akan lancar.

Begitu juga sekolah kehidupan. Selama hidup, kita belajar memahami apa yang kita alami, nikmati, dan jalani. Kita juga belajar dari kesalahan. Setiap kita merasa putus asa, di sanalah kita sudah kalah. Menganggap bahwa kehidupan di dunia ini adalah sebuah sekolah sedikitnya akan membuat kita lega. Di sekolah, kesalahan adalah tanda bahwa kita telah berusaha. Kita bisa mengulangnya hingga benar.

Intinya adalah tidak jemu-jemu berusaha melakukan yang terbaik alias pantang menyerah. Sekali merasa putus asa dan bosan dengan segala pelajarannya ya sudah kita akan menjalani hidup tanpa makna. Hampa. Jadi, kita perlu antusias untuk belajar di sekolah kehidupan.

Dalam proses bersekolah, hal yang bisa menjadi jebakan bagi kita adalah merasa sudah tahu. Orang yang merasa sudah tahu segalanya tidak pernah bisa belajar hal-hal baru. Padahal, pengetahuan adalah sesuatu yang terbuka dan sangat luas. Jika kita sudah mengklaim kita bisa dan tahu, ya akhirnya kita tak menemukan hal-hal menarik lain.

Begitu pula dalam hidup ini. Saat diberi pelajaran yang sama berulang-ulang dan kita bosan, yang rugi adalah kita sendiri. Seharusnya kita bisa melihat dari sudut pandang berbeda. Kita memahami dengan cara yang berbeda dan itu akan memperkaya hidup kita setiap hari.

Jangan menyerah, tetap berpikir positif, dan jalani sekolah kehidupan dengan antusias. Semangat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s