[Mari Merajut] 2 – Teknik dan Alat Merajut

Dari penuturan Mbak Mita, ada dua teknik dasar rajut yaitu crocheting dan knitting. Bedanya apa? Crocheting adalah teknik merajut dengan menggunakan sebuah benda serupa jarum yang disebut hakpen, sedangkan knitting menggunakan dua alat serupa jarum yang disebut breien

Kedua teknik ini sah-sah saja digunakan untuk merajut. Namun, bagi pemula dianjurkan menguasai teknik crocheting terlebih dahulu karena dianggap lebih mudah. Meskipun menggunakan teknik crochet akan membutuhkan lebih banyak benang daripada knit. Hasilnya pun disebut-sebut lebih kaku dan padat.

Nah, setelah mengenal kedua teknik ini secara umum, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan. Agar lebih mudah–sesuai saran–maka saya akan belajar crochet terlebih dahulu.

Alat utama yang dibutuhkan adalah: hakpen. Hakpen ada bermacam-macam alias beberapa ukuran. Ukuran hakpen yang bisa digunakan lebih baik menyesuaikan dengan benang yang akan dipakai. Macam hakpen pun ada banyak, yaitu yang terbuat dari besi, plastik, dan sebagainya. Silakan dipilih tergantung kenyamanan. Peralatan lain standar saja, seperti gunting dan penggaris.

Untuk bahan merajut, kita bisa memilih beragam benang, tergantung produk yang akan dibuat. Sebagai pemula, benda yang menurut saya paling mudah dibuat adalah syal. (Lagipula, saya tergila-gila dengan syal). Setelah mencari tahu jenis benang apa yang cocok untuk syal. Ternyata oh ternyata.. ada banyak jenis yang bisa dipakai. Sampai saya menjadi bingung hahaha.

Okelah, postingan selanjutnya saya akan share pengalaman membeli bahan dan alat. Semoga bisa direalisasikan 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s