[Mari Merajut] 1 – Mengenal Rajut

*Serial posting ini berisi tentang pengalaman saya mengenal rajut dan mulai belajar merajut. Terinspirasi oleh “Sacca”.

Secara khusus, saya menyukai produk-produk handmade. Kesannya artistik. Alasan paling utama: saya nggak suka memiliki barang yang sama dengan orang lain. Pengennya ekslusif alias limited edition.

Meskipun bukan orang yang terlalu telaten, sebenarnya saya senang melakukan kegiatan membuat prakarya yang bersifat feminin ini. Contohnya kruistik. Dulu saat melihat nenek saya membuat kruistik bergambar bunga mawar besar untuk sarung bantal, saya senang banget. Saya pun ikut-ikutan. Meskipun hasilnya nggak karuan.

Saya juga pernah diajari membuat taplak meja dari kain dengan menjahit secara manual. Caranya adalah mengerutkan keempat sudut kotak-kotak dalam motif kain dan menyimpulkannya dengan benang. Hasilnya manis banget. Warna krem. Entah kemana sekarang benda itu.

Oke, back to rajut. Seingat saya, dulu saya juga pernah mencoba untuk belajar merajut. Sayangnya tidak diteruskan. Ada banyak kegiatan lain yang menyita perhatian saya sehingga urusan merajut ketinggalan di belakang.

Bulan lalu (Feb 2016), saya mewawancarai seorang perajut yang kini sedang menjalankan bisnis tas rajut bernama “Sacca”. Namanya Mbak Mita. Melihat produk-produknya, saya sangat tertarik. Bagus dan terlihat elegan. Berbeda dengan tas-tas rajut yang kita jumpai di pasaran yang kesannya dibuat asal-asalan. Ia membuat tas dengan kualitas sangat baik. Hal itu terlihat dari proses finishing yang menggunakan bahan-bahan yang tahan lama.

Mbak Mita, pemilik usaha ini, bukan hanya berfokus pada bisnisnya. Ia pun menyediakan waktu untuk menularkan keahlian kepada sebuah komunitas ibu-ibu. Mereka berkumpul setiap Sabtu siang dan belajar merajut bersama.

Ahh.. Ini komunitas yang saya perlukan. Hehehe. Sayangnya, saya perlu melihat kemampuan diri dan waktu yang saya punya. Mungkin besok-besok yaa…

Anyway, saya akan posting pengalaman saya seputar merajut dalam beberapa serial posting ke depan. Semoga konsisten. Semangat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s