[Pregnancy] Minggu 25 – Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Seperti cerita saya sebelumnya di Minggu 24, berat badan menjadi kekhawatiran utama saya sejak hamil. Dari dulu, saya memang kurus. Mau makan sebanyak apa, nggak pernah ada ceritanya saya terlihat gendut. Apalagi waktu masih masa-masa SMA dan kuliah. Gering.

Setelah bekerja, berat badan saya lumayan naik. Rata-rata berada di angka 50-54kg, meskipun tetap terlihat kurus. Katanya, tulang sayalah yang berat. Banyak juga yang ternyata nggak percaya kalau saya beratnya 54 kg.

Di awal-awal kehamilan, karena serangan morning sickness, tentu saja saya nggak doyan makan. Perut cuma diisi ubi, jagung, dan kawan-kawan; tanpa nasi. Sepertinya berat badan saya turun sedikit. Ada yang menenangkan, nggak apa-apa, nanti juga naik lagi.

Nah, setelah masa-masa itu selesai, sekitar usia kandungan 4 bulan ke atas, saya mulai makan dengan lahap. Apa saja dimakan, kecuali daging dan ikan (tapi sekarang pun sudah bisa makan daging). Intinya, selera makan sudah kembali. Saya makan 3 kali sehari dengan porsi yang cukup banyak plus ngemil di sela-sela jam makan atau tepat setelah makan. Wuih, benar-benar nggak nyangka deh saya bisa “seselera” itu.

Tapi.. apa yang terjadi? Saat kontrol pada akhir bulan kemarin (Februari), berat badan saya masih bertengger di angka 56 kg. Aduhh, bagaimana sih? Banyak orang menyarankan makan es krim. Lha, saya ini bisa dua hari sekali lho makan es krim. Belum ngemilnya yang nggak karuan. Sayur dan buah juga udah.

Saya mencoba mencari informasi mengenai berat badan ideal ibu hamil. Dari situs ayahbunda.co.id, disebutkan bahwa pertambahan berat badan jika sebelum hamil memiliki berat badan normal adalah 9-12 kg. Namun, jika sebelumnya ibu memiliki berat badan berlebih, pertambahan yang ideal adalah 6-9 kg. Sebaliknya, jika sebelumnya kurang, maka pertambahannya harus lebih banyak, yaitu 12-15 kg.

Pertambahannya pun bertahap. Pada trimester pertama: 1-2,5 kg/3 bulan. Pada trimester kedua: 0,35-0,4 per minggu. Sedangkan pada trimester ketiga: 4-5 kg hingga akhir kehamilan.

Kabar baik buat saya, saat kontrol lagi untuk USG kemarin, ternyata berat badan saya sudah mencapai 59 kg, bukan 56 kg. Wahh.. jadi sedikit lega. Berarti berat badan saya udah naik 5 kg dong daripada sebelum hamil hehehe. Masih punya PR untuk menaikkan 4-7 kg lagi. Masih ada waktu juga. Ini kan masih trimester kedua.

Senangnya lagi, saat bertanya ke dokter mengenai berat si Dedek, ia bilang normal dan sesuai dengan waktunya. Gerakannya juga aktif. Dan ia berjenis kelamin cowok. 🙂 🙂 🙂

Nah, buk-ibuk yang mungkin sedang bingung dengan berat badan ideal ibu hamil (apalagi banyak yang menuding kok masih kurus aja) jangan khawatir dulu ya. Carilah informasi dengan cermat dan bertanya kepada orang yang ahli. Pengalaman saat hamil memang berbeda-beda. Kalau kita nurutin semuanya dan khawatir berlebihan malah jadinya nggak tenang.

Semoga sehat terus ya Dek. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s