[Inspirasi Jumat] Kebersihan Hati

Menjaga diri kita untuk tetap bersih sejatinya adalah perjuangan setiap hari.

Begitu katanya.

Faktanya, kita sering lupa pada apa yang sedang kita perjuangkan itu. Saking banyaknya kesibukan, kita tak lagi mengingat hal-hal yang sebenarnya lebih utama.

Lalu, apa yang membuat kita tidak bersih?

Segala ketidakbaikan kita. Mulai dari apa yang kita perbuat, katakan, dan pikirkan. Seluruh dari hal-hal tersebut. Bukan hanya pornografi dan kejahatan seksual, tetapi korupsi, iri hati, menyimpan dendam, menghakimi, dan sebagainya.

Sebagian orang terjebak dalam kebiasaan menuding kekotoran orang lain. Karena lebih mudah menilai dan menghakimi orang lain daripada menelisik kekotoran yang dilakukan oleh tangan kita, mulut kita, dan pikiran kita.

Salah seorang mengatakan bahwa, “Kebersihan dan kebaikan kita adalah urusan kita secara pribadi dengan Tuhan. Hanya Tuhan sendiri yang boleh dan mampu menilai.”

Intinya, dalam hidup ini, kekotoran orang lain bukanlah urusan kita apalagi bagian kita untuk menghakimi.

Sulit juga sih melakukan prinsip seperti itu. Apalagi jika kekotoran orang tersebut akhirnya merugikan kita, baik secara langsung maupun tidak.

Sekali lagi, kebersihan hati dan pikiran kita (yang kemudian menjelma dalam tindakan kita di dunia nyata) adalah untuk dinilai oleh Tuhan. Jadi, fokuslah pada hal itu. Bila masih ada orang yang “iseng” mencoba menerapkan konsep kebenaran yang ia hidupi pada kita, maka lebih baik abaikan saja.

Iklan

2 tanggapan untuk “[Inspirasi Jumat] Kebersihan Hati”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s