[Pregnancy] Minggu 22

Ah.. sedikit kecewa minggu ini belum sempat USG.

Selain pulangnya kesorean terus, selalu ujan lagi. Dan ujannya itu bukan yang deres terus selesai, tapi yang gerimisnya lumayan dan sampai tengah malam. Badan jadi capek banget rasanya. Tiap nyampe rumah cuma beres-beres bentar, ngeteh, dan siap-siap istirahat.

Padahal saya sih udah kepengen banget melihat hasil USG-nya bagaimana.

Masih ada aja yang bilang sambil nunjuk perut, “Kok kecil ya?” alias nggak kelihatan. Saya emang lebih suka pake baju longgar, jadi nggak terlalu kelihatan. Semoga semua baik-baik aja.

Oh, ya, saya mau berbagi tips. Beberapa ibu hamil pasti pernah menderita konstipasi. Ada yang bilang karena hormon, sistem pencernaan melambat, dan sebagainya.

Dan kadang-kadang itu menyebabkan perut kembung, kencang, nggak enak buat kemana-mana. Rasanya beraatt. Sering pula membuat mood saya di pagi hari jadi jelek. Fyuh.

Nah, seorang saudara pernah nyeletuk, “Makan agar-agar aja.”

Saya pernah baca sih, agar-agar (atau puding) memang mengandung banyak serat. Jadi, bisa menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan BAB. Tentunya selain sayur, buah, dan air putih.

Beberapa kali dicoba, agar-agar memang manjur banget. Supaya tiap pagi lancar, saya membuatnya pada malam hari. Langsung dimakan satu jam kemudian. Meskipun nggak punya lemari pendingin, lumayan cepat kok jadinya. Memang masih anget, tapi yang penting khasiatnya.

Nah, bumil-bumil yang sudah kehabisan cara untuk mengatasi konstipasi, cobalah agar-agar. Namun, saya sadar juga sih, ini tuh makanan kemasan. Bisa jadi ada bahan-bahan yang digunakan untuk mengawetkan. (Dan mungkin perlu tanya ahli kesehatan mengenai pemakaian yang tepat apalagi untuk ibu hamil). Untuk itu, saya batasi penggunaannya. Pas lagi butuh banget.

Yang paling utama tentu yang alami seperti sayuran, buah-buahan, dan minum air putih secukupnya.

Semoga membantu ya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s