[Inspirasi Jumat] Lebih daripada Pemenang

Seandainya, setiap hari, kita bisa terus mendapatkan apa yang kita inginkan, bukankah akan menyenangkan?

Kita pengen hari ini hujan, dan hujan pun turun.

Kita pengen hari ini dapat rezeki, dan rezeki pun datang.

Kita pengen hari ini sehat, dan penyakit pun lenyap seketika.

Seandainya bisa begitu.. mungkin kita akan merasa bahwa inilah surga.

Tapi, nyatanya, kita masih hidup di dunia. Dan yang namanya kalah itu adalah makanan sehari-hari. Kita dikalahkan oleh keadaan, oleh orang lain, bahkan oleh diri sendiri.

Namun, pernah nggak kita berpikir bahwa kalah dan menyerah itu lebih buruk daripada kalah dan bangkit lagi?

Saya rasa sih, tanpa menyadari, kita yang saat ini sedang melanjutkan kehidupan adalah orang-orang yang berhasil bangkit lagi dari kubangan persoalan. Setidaknya, kita bisa menyeret diri sendiri untuk terus berjalan, dengan berbagai upaya. Jadi, kita semua adalah lebih dari pemenang.

Kata salah seorang teman saya, “lebih dari pemenang” artinya melebihi seorang pemenang. Menjadi pemenang itu mudah. Usaha, usaha, dan usaha, lalu menang. Betapa menyenangkan. Namun, kalau usaha, kalah, usaha, kalah, usaha, kalah, itu beda lagi. Psikologisnya teraduk-aduk. Jadi, secara mental, siapapun yang pernah kalah, sebenarnya lebih dari seorang pemenang. Ia bisa bangkit dengan menanggung setiap risiko dari kekalahan sebelumnya. Ia berani melangkah meskipun pernah mengalami kegagalan. Itulah mereka yang lebih daripada pemenang.

Dalam kehidupan, kita selalu dituntut untuk menjadi seseorang yang lebih daripada pemenang. Meskipun banyak masalah, menyerah bukan solusi. Bangkit, berjalan, dan berjuang lagi, adalah solusi. Kalaupun jatuh, ya bangkit lagi.

Menyenangkan bisa ngobrol dengan KBJ sekali seminggu. Kami berusaha untuk lebih santai dan tak terpaku pada bahan yang ada. Ya, saya pikir sih seharusnya begitu. Cara kami untuk me-refresh pikiran setelah seminggu berkutat di pekerjaan. Semoga tidak sia-sia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s