[Thankfulness] #6 Untuk Kegagalan

Lucu ah, mengapa juga harus bersyukur untuk kegagalan yang pernah terjadi?

Saat merenungkan kembali mengenai hal-hal apa saja yang membuat saya bersyukur pada usia ini, tiba-tiba muncul kata: kegagalan.

Jujur saja, saya mengalami banyak kegagalan. Kalau dihitung dan dicatat satu persatu, malu rasanya. Kegagalan sering kali membuat saya tidak bisa tidur pada malam hari. Membuat gelisah dan nggak tenang. Ada penyesalan, ada kekecewaan, dan sebagainya.

Tapi namanya juga sudah lewat. Nggak bisa diulang lagi.

Namun, saya bersyukur untuk semua kegagalan yang pernah saya alami sepanjang usia saya ini. Dalam keadaan gagal, saya belajar banyak hal. Saya belajar melihat diri sendiri. Saya belajar memperbaiki diri.

Kadang sih saya juga iri dengan orang-orang yang tampaknya berhasil terus dalam hidupnya. Mereka kok punya bakat lebih besar dari saya? Mereka kok lebih baik dari saya? Rasa iri yang yahh bisa membuat kepercayaan diri hilang atau justru memacu saya untuk menambah kualitas diri sendiri.

Saya bersyukur, saya bisa mengakui kegagalan-kegagalan saya. Memang sebenarnya lebih mudah mengabaikannya dan menganggapnya lenyap begitu saja. Dengan mengakuinya, kesempatan untuk memperbaiki diri terbuka lebar. Mungkin juga masih ada kegagalan lain yang saya pendam dan berusaha saya abaikan. Semoga saya bisa segera menyadarinya.

Pada beberapa momen, hidup saya kembali lagi ke titik nol. Itulah saat ketika saya mengalami kegagalan. Namun, rasanya lebih mudah untuk memulai lagi saat berada di bawah. Saya bisa menentukan strategi untuk menghindari jebakan dan maju lebih jauh. Bukan berarti saya akan berharap gagal pada hari-hari ke depan. Setidaknya, kegagalan yang sudah pernah saya alami tidak terulang lagi. Siap untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

