[Pregnancy] Minggu 20

Setengah perjalanan, yeayy…

Nggak terasa, sudah 20 minggu ia hadir dalam hidup kami. Masih terkenang betapa lemesnya minggu-minggu ke 6-10. Lalu, waktu berjalan dan inilah saya dengan perut yang mulai kelihatan bentuknya.

Puji Tuhan, semua baik-baik saja. Saat kontrol Selasa kemarin, semua dinyatakan sehat. Memang sih berat badan saya naiknya kurang begitu signifikan. Semoga besok-besok bisa nambah lebih banyak.

Ada banyak pertanyaan yang sebenarnya menjadi kekhawatiran kami. Misalnya, kenapa di usia hampir 5 bulan ini, perutnya masih kelihatan rata? Kenapa kok berat badannya segitu-gitu aja? Kenapa kok nggak memiliki dokter kandungan sendiri? Kenapa malah nggak bisa makan daging dan minum susu hamil dengan lancar? Apakah saya sudah cukup beristirahat? Dan sebagainya.

Saya sendiri nggak bisa mengatakan bahwa pilihan-pilihan saya sudah benar. Namanya juga anak pertama, banyak hal yang saya ndak tahu. Bertanya kepada orang lain, informasinya simpang siur. Bahkan, pernyataan dari ahli medis pun bisa berbeda-beda. Jadi, kita malah jadi bingung harus ngikut yang mana.

Sejauh ini, prinsip saya adalah hidup sehat. Sesederhana itu. Istirahat cukup. Makan cukup (kalau laper boleh tambah lagi). Minum cukup. Melakukan aktivitas yang sesuai dan sebagainya.

Banyak juga kisah orang-orang yang bisa menciutkan semangat. Misalnya, ada saja hal buruk terjadi tanpa gejala apa-apa. Kita tak bisa mengetahui penyebabnya apalagi menghindarinya. Jadi intinya berserah aja sama Tuhan. Dia yang akan menjaga.

Saya absen menulis cerita tentang pregnancy ini agak lama. Apalagi kalau bukan karena rasa lelah yang luar biasa. Tapi sekarang semua udah lumayan baik. Meskipun kadang merasa lelah, saya masih bisa mengatasinya. Saya juga bersyukur udah bisa masak sendiri. Malah udah hampir sebulan ini kami masak. Kalau bukan saya, ya suami yang memasak. Ah, sweet banget dia mau bantuin tugas yang satu ini.

Banyak hal yang terjadi juga selama masa-masa ini. Mulai dari sembelit yang ampun deh, rasa eneg sama makanan tertentu terutama daging, hingga pegel di tulang belakang. Tapi, pada waktunya keluhan-keluhan itu berhenti sendiri. Cara mengatasinya pun akhirnya tahu sendiri.

Pengalaman hingga minggu ke-20 ini cukup mendebarkan. Namun, menyenangkan kok. Apalagi sekarang ia sudah aktif bergerak kesana kemari dalam perut. Saya bisa merasakan ia menyentuh dinding perut setiap saat. Sehat terus ya, Nak. Sampai bertemu beberapa bulan lagi. Love you.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s