Cara Mudah dan Murah Membuat Toko Online

Banyak orang berpikir bahwa membuat toko online tidak mudah dan tidak murah. Sepertinya, hal itu membutuhkan banyak modal dan sulit dilakukan. Ternyata hal itu tidak benar. Kini, ada pilihan bagi siapapun yang ingin membuat toko online dengan mudah dan tentunya murah.

Menjadi pedagang, bukan cita-cita saya. Dalam garis keturunan keluarga besar pun tidak ada yang berhasil menjadi pedagang. Pernah, sih, sesekali saya mencoba. Bermodalkan beberapa ratus ribu, saya membeli barang-barang yang kelihatannya layak jual dan mengirimkannya ke rumah—kebetulan saya ini anak rantau–untuk dijual kembali. Harapannya, saya akan mendapat laba dari kegiatan tersebut. Setelah itu—dalam rencananya—saya akan membeli barang-barang yang lain dan menjualnya lagi. Demikian siklus idealnya.

Sayangnya, harapan tinggal harapan. Barang-barang tersebut tidak kembali dalam wujud uang, tetapi berupa SMS yang berbunyi, “Wah, bagus bangettt. Barangnya buat saya, ya?” Pendek cerita, barang-barang tersebut pun menjadi bagian dari isi lemari kakak, adek, maupun ibu. Hemmm.

Berkaca dari pengalaman tersebut, kadangkala dalam hati muncul keraguan ketika terbesit keinginan untuk menjadi pengusaha. “Ah, nggak mungkin saya bisa menjadi pengusaha. Udah dari sononya saya nggak punya bakat menjadi pengusaha.” Namun, tanpa saya sadari, keinginan untuk terjun di dunia wirausaha tidak bisa dipungkiri. Apalagi dalam beberapa kesempatan, saya bertemu dan mewawancarai beberapa pengusaha-pengusaha muda. Beberapa dari antara mereka memulai usaha dari nol. Artinya, mereka harus belajar keras untuk menjadi seorang pengusaha yang akhirnya cukup diperhitungkan.

Untuk mengetes kadar “darah” wirausaha yang mengalir dalam jiwa saya—jika memang benar ada—saya mulai melakukan bisnis kecil-kecilan di tempat kerja. Niatnya, saya ingin memulai dari kecil, setia dalam hal-hal kecil. Berdasarkan pengetahuan sederhana yang saya dapatkan dari seseorang, ia mengatakan bahwa “usaha” adalah memenuhi kebutuhan orang lain. Jadi, untuk memulai sebuah usaha, kita harus melihat dan mengamati kebutuhan orang-orang di sekeliling kita. Nggak usah jauh-jauh.

Nasihat itu saya praktikkan. Saya mengamati bahwa ternyata teman-teman saya sering merasa kelaparan pada siang hari dan sangat merepotkan jika harus keluar tempat untuk membeli cemilan. Jadi, saya memulai sebuah rencana, yaitu membeli cemilan untuk dijual kembali. Semacam warung sederhana. Untungnya sangat sedikit. Bahkan bisa dibilang hampir tidak terlihat. Namun, saya mendapatkan keuntungan dalam bentuk lain, yaitu pengalaman. Saya mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memperlakukan konsumen. Bukan hanya teori tetapi secara praktik. Kita pasti tahu, kebanyakan teori tidak benar-benar bisa dilakukan. Sebaliknya, kebanyakan praktik seringkali tidak ada teorinya.

Sementara itu, saya mengenal http://jejualan.com. Ini adalah sebuah situs yang membantu para calon entreprenur untuk membuat toko online sendiri. Tentu dengan biaya yang terjangkau. Hal itu menerbitkan harapan kecil dalam hati saya. Artinya, jika saya ingin melebarkan sayap dalam bidang usaha (apapun), kini sudah tak sulit lagi. Semua kini mungkin dilakukan, termasuk (memiliki) membuat toko online sendiri. Jejualan didukung oleh berbagai kemudahan dan layanan yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha online. Bayangkan saja, hanya dengan membeli paket Alfa seharga 99ribu/bulan, kita sudah bisa memajang 500 produk. Jejualan pun menyediakan fitur SMS dimana ada pemberitahuan ke ponsel kita maupun pelanggan setiap transaksi. Jejualan bahkan membantu kita dalam SEO sehingga toko online memiliki kesempatan lebih besar untuk menjaring pelanggan. Hayo, jujur saja, banyak dari kita yang masih kurang paham dengan teknik SEO yang baik. Padahal, itu penting bagi siapapun yang ingin berbisnis di dunia maya yang sangat kompetitif.

Harga yang ditawarkan tersebut sangat jauh lebih murah jika kita harus menyewa sebuah toko fisik. Biaya operasional bisa mencapai berpuluh-puluh kali lipat. Kita pun harus menyediakan tenaga khusus untuk itu. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan Jejualan tentunya sebuah kesempatan besar untuk meraih keuntungan dan sukses sebagai pengusaha online. Kita pun memiliki banyak waktu tambahan untuk mengatur strategi penjualan. Nah, kalau masih terasa membingungkan, layanan customer support yang informatif bisa dihubungi 24 jam per hari.

Jadi, jika saat ini Anda sudah sering mengamati kebutuhan orang lain yang kira-kira bisa menjadi peluang besar, satu-satunya langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri ke Jejualan. Selanjutnya kita pun bisa fokus pada penyelenggaraan usaha secara keseluruhan.

Cita-cita saya adalah menjadikan toko online pertama  tersebut sebagai batu loncatan menuju sesuatu yang lebih besar. Saya percaya, setia dan bertanggung jawab dalam hal-hal kecil akan mengantarkan kita menuju sesuatu yang lebih besar dan luar biasa. Ayo membuat toko online sendiri!

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Jejualan, pelajari lebih lanjut di sini ya.. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s