Day 26: [Inspirasi Jumat] Semuanya Akan Ditambahkan

“.. maka semuanya akan ditambahkan kepadamu.”

Frasa ini seringkali diartikan berbeda. Kelompok yang pertama menganggap bahwa penambahan tersebut adalah jaminan akan kesuksesan, kekayaan, kepopuleran, dan sebagainya. Sementara kelompok yang kedua–saya ingin masuk dalam kelompok ini–mengartikannya sebagai jaminan kecukupan.

Seringkali kita memaknai segala sesuatu sesuai dengan kehendak dan keinginan kita sendiri. Kita memakai aturan-aturan dasar tersebut untuk menyenangkan diri sendiri. Bahwa segala hal yang bersifat “kesenangan” (duniawi) adalah menjadi hak kita, sebenarnya adalah pandangan yang salah.

Apa sebenarnya yang akan ditambahkan kepada kita? Mengapa frasa tersebut tertulis sedangkan pada kenyataannya tak banyak yang terlihat kaya padahal sudah melakukan syaratnya. Di sanalah kekurangtepatan kita memaknainya. Menurut saya, berkat dari Tuhan itu ada bukan karena kita telah melakukan syarat apapun. Tuhan tidak bisa disogok (dengan syarat-syarat itu). Bahkan ketika kita jungkir balik untuk melayani sana sini, bila semua itu tidak berkenan, trus mau apa?

Kembali lagi, hidup ini adalah anugerah. Kita diberikan secara “cuma-cuma” untuk dijalani dengan baik dan benar. Lalu, buat apa ada frasa tersebut. Bukankah itu berarti bahwa kita berhak atas semua penambahan itu? Merasa berhak adalah kepedean yang luar biasa yang pernah dilakukan oleh manusia.

Jadi, bukan untuk menunjukkan apa yang menjadi hak kita (karena Tuhan tidak melakukan barter.. ) tetapi untuk menunjukkan kebaikan-Nya, kasih-Nya, kesetiaan-Nya, perlindungan-Nya, dan kepedulian-Nya terhadap kita. Ada jaminan kecukupan dan kesejahteraan sehingga tak perlu merasa khawatir. Apapun yang terjadi, bila kita telah melakukan yang sesuai keinginan-Nya, kita aman bersama-Nya.

Gitu aja.. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s