Day 55: Becoming A Good Listener (H100) – Selesai

Seratus hari. Waktu yang nggak sebentar. Akhirnya tantangannya selesai juga. Bukan berarti saya seneng tantangannya selesai lho. Ya, ada senengnya juga karena ternyata saya bisa menyelesaikannya. Hingga hari terakhir. Meskipun dalam melakukannya belum semaksimal yang diinginkan. Penginnya sih ideal..

Belajar mendengarkan selama 100 hari bukan berarti saya sudah expert. Saya masih sering lupa kalau mendengarkan itu manfaatnya banyak. Intinya sih perlu proses seumur hidup untuk memiliki karakter yang suka mendengarkan.

Saya belajar banyak hal selama 100 hari ini. Hal-hal yang sebenarnya bisa saya pelajari tanpa ini, tapi bukan prioritas. Jadi semacam cuma sambil lewat aja. Dengan mengikuti tantangan ini, saya benar-benar diingatkan hal-hal apa saja yang harus saya lakukan dan tidak boleh saya lakukan. Saya juga belajar untuk nggak menyamakan standar saya dengan orang lain yang belum belajar mendengarkan secara khusus.

Saya harap pelajaran ini menjadi pintu bagi kebiasaan-kebiasaan baik lainnya.

Nah, kejutannya.. saya ingin menyusun sebuah buku yang berkaitan dengan pengalaman ini. Semoga benar-benar lancar dan menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s