Day 35: Kebaikan VS Kejahatan #InspirasiJumat

Hari ini, belajar bareng gabung dengan kelompok sebelah. Lumayan rame jadinya. Tema minggu ini adalah tentang bagaimana membalas kejahatan dengan kebaikan. Ada banyak pendapat. Salah satunya: nggak usah dipikirin jika ada orang yang berbuat jahat sama kita. Ada yang bilang: tapi sakitnya tuh di sini. Kemudian ada lagi yang mengatakan: kita juga harus refleksi diri kenapa ada orang yang berbuat jahat pada kita.

Bahasan kali mengajak kami berpikir: sesulit apa sih membalas kejahatan dengan kebaikan. Rata-rata mengakui: memang sulit. Karena perintah ini adalah sesuatu yang di luar batas kewajaran; nggak normal. Normalnya sih membalas perbuatan orang lain sama seperti yang kita terima. Kalau jahat, ya kita bisa lebih jahat lagi.

Namun, itulah yang membuat semuanya menjadi berbeda. Ketika kita bisa melewati proses normal itu dan berhasil untuk mengatakan: Oke, aku memaafkanmu, aku mendoakanmu, dan aku akan berbuat baik padamu, artinya kita menjadi manusia yang berbeda dari kebanyakan.

Sulit sih melakukannya.

Tapi, itulah tantangannya. Lagipula, ini bukan anjuran, tetapi keharusan dan kewajiban. So, berani membalas kejahatan dengan kebaikan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s