Day 56: 100 Days Project–Becoming A Good Listener

Ide ini bermula dari sebuah postingan di Medium. Ceritanya, Matthew ingin mengajak pembaca melakukan sesuatu sebelum 2014 berakhir. Kebetulan masih ada 100 hari tersisa di tahun ini. Akhirnya muncullah ide mengenai 100 Days Projects. Saya juga pengen melakukannya. Meskipun nanti selesainya nggak tepat 31 Desember, lewat dikit nggak apa-apa, deh.

Ada banyak contoh yang bisa dilakukan. Misalnya, proyek Jia Jiang, 100 Days of Rejection Therapy. Ia menantang dirinya untuk melakukan 100 hal yang kemungkinan besar akan ditolak. Hal itu menolongnya untuk tetap kuat menghadapi penolakan pada tahun yang akan datang. Atau proyek Amber, #the100daybook, ini adalah proyek menulis buku dalam 100 hari.

Awalnya saya pengen melakukan ide Amber. Ide Jia Jiang juga menarik. Tapi, setelah merenungkan lebih dalam (jiah!) saya memutuskan hal lain: saya ingin menjadi good listener. Selama ini, tampaknya itu hal yang kurang bisa saya lakukan dengan baik.

So, apa yang harus saya lakukan selama 100 hari ini? Yap, menjadi seorang pendengar yang baik. Gampang-gampang susah, ya.

Ok, this is the rules:

  • Tidak memaksa orang lain untuk berbicara/curhat/cerita/ngobrol. Let it flow.
  • Belajar mendengar dengan baik, tidak menghakimi, tidak merasa lebih tahu, tidak merasa lebih baik, tidak memotong pembicaraan.
  • Tidak meneruskan hasil obrolan/curhatan/percakapan kepada orang lain, kecuali kalau ada kondisi khusus. Kerahasiaan dijaga.
  • Berbicara lebih sedikit.

Tantangan ini sekaligus ingin membuktikan konsistensi Leni–yang seringkali gagal–dalam melakukan proyek-proyek jangka panjang 😛 Semangat!

Iklan

2 thoughts on “Day 56: 100 Days Project–Becoming A Good Listener”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s