Day 1: Kalau Saya Kaya Nanti

Kalau saya kaya nanti, apakah saya akan tetap rendah hati, masih mengingat teman lama, dan tetap hidup sederhana? Apakah saya akan tetap bersedia menunggu meski saya punya uang untuk mendesakkan keinginan? Apakah saya akan cukup ikhlas untuk memaafkan kesalahan orang lain meski saya punya kuasa untuk membawanya ke pengadilan? Apakah saya masih mau belajar, baik hal-hal luar biasa yang akan membawa saya menuju pengetahuan yang lebih abadi, maupun hal-hal sederhana seperti menghormati rekan yang lebih tua?

Kalau saya kaya nanti, masih cukup sportifkah saya menerima kekalahan meski saya sanggup membayar orang lain untuk berjuang demi saya? Masih beranikah saya memikirkan hal-hal positif dari para sahabat-sahabat yang dekat dengan saya? Masih cukup bersediakah saya menerima uluran tangan orang lain yang ingin menunjukkan kebaikan hatinya?

Kalau saya kaya nanti, apakah saya akan semakin peduli penderitaan orang lain? Akankah saya memiliki empati yang lebih tinggi?

Kalau saya kaya nanti, mampukah saya tetap berjalan di lajur yang benar? Mematuhi peraturan sederhana layaknya orang lain? Sanggup mencukupkan diri?

Kalau saya kaya nanti, apakah semua rasa sakit yang saya rasakan saat ini akan berakhir? Apakah saya bisa benar-benar bahagia? Apakah hidup saya akan berubah seperti yang diperkirakan banyak orang? Apakah saya boleh berbuat semena-mena, membalas dendam pada semua bagian masa lalu saya yang buruk?

Seringkali saya menganggap bahwa menjadi miskin itu banyak godaannya. Saya tergoda mencuri agar bisa memiliki apa yang dimiliki orang lain. Saya tergoda menangis saat saya ditekan. Saya tergoda mengumpat saat saya direndahkan. Saya tergoda untuk menyerah saat saya menghadapi jalan buntu.

Tapi ternyata tidak semudah itu. Kalau saya kaya nanti, ternyata godaannya lebih banyak lagi. Bahkan saat saya tidak menyadarinya. Bahkan saat saya tidak membutuhkannya namun saya mendapatkan kesempatan melakukannya.

Tuhan, kalau saya kaya nanti, apakah saya akan lebih baik?

*Masih dari blog sebelah. Saya suka tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

